KOMUNITAS GURU PPKN

Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI

Tuesday, 30 April 2019

UNDANG-UNDANG NOMOR 38 TAHUN 2014 TENTANG KEPERAWATAN

| Tuesday, 30 April 2019
Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan
Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan

Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014, diterbitkan dengan pertimbangan bahwa 1) untuk memajukan kesejahteraan umumsebagai salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 perlu diselenggarakan pembangunan kesehatan; 2) penyelenggaraan pembangunan kesehatan diwujudkan melalui penyelenggaraan pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan keperawatan; 3) penyelenggaraan pelayanan keperawatan harus dilakukan secara bertanggung jawab, akuntabel, bermutu, aman, dan terjangkau oleh perawat yang memiliki kompetensi, kewenangan, etik, dan moral tinggi; 4) mengenai keperawatan perlu diatur secara komprehensif dalam Peraturan Perundang-undangan guna memberikan pelindungan dan kepastian hukum kepada perawat dan masyarakat.

Adapun yang dimaksud keperawatan menurut Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014, dinyatakan bahwa Keperawatan adalah kegiatan pemberian asuhan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Istilah Perawat diartikan seseorang yang telah lulus pendidikan tinggi Keperawatan, baik di dalam maupun di Iuar negeri yang diakui oleh Pemerintah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan. Yang dimakus Pelayanan Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan kiat Keperawatan ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik sehat maupun sakit. Sedangkan pengertian Praktik Keperawatan adalah pelayanan yang diselenggarakan oleh Perawat dalam bentuk Asuhan Keperawatan.

Berdasarkan pasal 2 Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014, dinyatakan bahwa Praktik Keperawatan berasaskan perikemanusiaan;  nilai ilmiah;  etika dan profesionalitas;  manfaat;  keadilan;   pelindungan; dan g. kesehatan dan keselamatan Klien.

Pada Pasal 3 Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014, dinyatakan bahwa Pengaturan Keperawatan bertujuan :
a. meningkatkan mutu Perawat;
b. meningkatkan mutu Pelayanan Keperawatan;
c. memberikan pelindungan dan kepastian hukum kepada Perawat dan Klien; dan
d. meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Apa saja jenis perawat ? Mengacu pada  Pasal 4 Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014, Jenis Perawat terdiri atas Perawat profesi dan  Perawat vokasi. Yang dimaksud perawat profesi terdiri atas:  ners dan b. ners spesialis.


Terkait Pendidikan Tinggi Keperawatan, ditegaskan dalam Pasal 5 Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014 bahwa Pendidikan tinggi Keperawatan terdiri atas:
a. pendidikan vokasi;
b. pendidikan akademik; dan
c. pendidikan profesi.

Selengkapnya silahkan baca dan download Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan (PDF)




Link download Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014 ----disini---

Demikian informasi tentang Undang-Undang – UU Nomor 38 Tahun 2014. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

Related Posts

No comments:

Post a Comment