Breaking

Saturday, March 12, 2022

UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PEKERJA SOSIAL

Undang-Undang – UU Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pekerja Sosial

Undang-Undang – UU Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pekerja Sosial




Berdasarkan Undang-Undang – UU Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pekerja Sosial, Pekerja Sosial adalah seseorang yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan nilai  praktik pekerjaan sosial serta telah mendapatkan 'sertilikat kompetensi. Sedangkan Praktik Pekerjaan Sosial adalah penyelenggaraan pertolongan profesional yang terencana, terpadu, berkesinambungan dan tersupervisi untuk mencegah disfungsi sosial, serta rnemulihkan dan meningkatkan keberfungsian sosial individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat.


UU Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pekerja Sosial


Undang-Undang – UU Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pekerja Sosial, seluruhnya berjumlah 69 Pasal yang pada ini mengatur mengenai: 1) Praktik Pekerjaan Sosial yang merupakan cakupan kegiatan Praktik Pekerjaan  Sosial dan bentuk kegiatan yang dapat dilakukan; 2), standar Praktik Pekerjaan Sosial yang berisi standar yang harus dipenuhi dalam melakukan pelayanan Praktik Pekerjaan  Sosial dan standar tersebut ditentukan oleh Menteri; 3) Pendidikan Profesi Pekerja Sosial yang mengatur kompetensi seseorang untuk menjadi Pekerja Sosial sehingga memiliki kompetensi  untuk melakukan Praktik Pekerjaan Sosial; 4) Registrasi dan izin praktik yang mengatur mengenai kewajiban memiliki STR dan SIPPS, Pekerja Sosial lulusan luar negeri, dan Pekerja Sosial warga Negara asing; 5) hak dan kewajiban Pekerja Sosial dan Klien; 6) Organisasi Pekerja Sosiai sebagai wadah aspirasi Pekerja Sosial; 7) Dewan Kerhormatan Kode Etik yang dibentuk oleh Organisasi Pekerja Sosial; 8) tugas dan wewenang Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang bertujuan  untuk menjamin mutu dan pelindungan masyarakat penerima layanan Praktik Pekerjaan Sosial, dan 9) peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan Praktik Pekerjaan Sosial.


Selengkapnya silahkan download dan baca Undang-Undang – UU Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pekerja Sosial (PDF), melalui link download di bawah ini.

Link download Undang-Undang – UU Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pekerja Sosial (DISINI)

Demikian informasi terkait Undang-Undang – UU Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pekerja Sosial (PDF).  Semoga ada manfaatnya, terima kasih. 

1 comment: