Latihan Soal PAT Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP MTS

Latihan Soal PAT Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal PAT Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP MTS Tahun 2024. PenilaianAkhir Tahun (PAT) merupakan rangkaian akhir dari mata rantai kegiatan belajar mengajar disekolah. Dari hasil kegiatan tersebut kemudian dijadikan sebagai salah satuacuan dalam penentuan kenaikan kelas.

Kisi-kisi dan Soal PenilaianAkhir Tahun dibuat oleh guru mata pelajaran masing-masing dengan mengacu padaKurikulum yang digunakan. Materi Pelajaran yang diulangankan juga mengacu pada Kurikulum yang digunakan.Bentuk Soal Penilaian Akhir Tahun, berupa a) Pilihan Ganda dengan empat optionmeliputi soal dengan gambar, grafik, dan peta; b) Bentuk uraian mengukur aspekintelektual pemahaman , penerapan, sintesis, analisis, dan evaluasi; c) Aspekyang diukur meliputi pemahaman (C1), penerapan (C2), dan analisis (C3) dengankomposisi yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran; d) d. Alokasi, Jumlah,dan Bentuk Soal, masing-masing mata pelajaran 40 PG dan 5 Essay.

 

Kunci sukses menghadapi Soal PAT KELAS 7 SMP/MTS Tahun 2023-2024. Agar sukes dalam menghadapi PenilaianAkhir Tahun (PAT) berikut inihal-hal yang mesti dilakukan

1. Atasi kelemahan diri sendiri

Punya kelemahan dalam mata pelajaran tertentu? Yangharus kamu lakukan bukannya malah takut dan semakin malas-malasan menghadapi  Penilaian Akhir Tahun (PAT). Kamu harus bisamengatasi kelemahan diri sendiri dengan lebih banyak berlatih.

Cara menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran yang kamu anggap lemah adalahdengan menyediakan lebih banyak waktu untuk belajar dan berlatih soal matapelajaran tersebut. Namun, bukan berarti kamu mengabaikan mata pelajaranlainnya, ya! Kamu tetap harus pandai membagi waktu untuk mempelajari semua matapelajaran, tapi sediakan waktu lebih banyak untuk mata pelajaran yang sulitbagimu.

 

2. Pahami kisi-kisi Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Beberapa bulan menjelang  Penilaian Akhir Tahun (PAT), gurumu akanmemberikan sejumlah kisi-kisi Penilaian Akhir Tahun (PAT)mendatang. Cobalah untuk berkonsentrasi memahamikisi-kisi  Penilaian Akhir Tahun (PAT)tersebut bersama teman-temanmu.

Jika ada yang tidak kamu mengerti, tanyakan kepada gurumuselagi kamu masih memiliki kesempatan untuk bertanya. Apabila gurumu tidakmemberikan kisi-kisi Penilaian AkhirTahun (PAT), carilah kisi-kisi tersebut di internet atau bimbingan belajar.

 

3. Kerjakan latihan soal PenilaianAkhir Tahun (PAT)tahun-tahunlalu

Meskipun tidak sama persis, setidaknya soal PenilaianAkhir Tahun (PAT)tahun lalu bisamemberikan kamu gambaran mengenai mode soal  Penilaian Akhir Tahun (PAT) mendatang.Dapatkan soal-soal  Penilaian Akhir Tahun(PAT) tahun-tahun sebelumnya dengan membeli buku kumpulan soal di toko bukuatau browsing di internet.

Setiap hari kamu bisa mengerjakan beberapa soallatihan untuk sekedar berlatih. Setelah mengerjakan, cocokkan jawabanmu dengankunci jawaban yang tersedia. Jika masih ada jawaban yang salah, pelajari letakkesalahanmu dan berlatihlah dengan soal serupa lainnya. Lama kelamaan kamu akanterbiasa untuk mengerjakan soal-soal latihan dengan level  Penilaian Akhir Tahun (PAT) seperti itu.

 

4. Temukan strategi belajar yang nyaman

Setiap orang memiliki strategi belajar masing-masing.Misalnya, kamu lebih suka belajar dengan menggunakan Teknik Pomodoro, strategibelajar selama 25 menit di mana dalam waktu tersebut kamu akan berkonsentrasimempelajari semua poin-poin penting dalam materi belajarmu dan setelah 25 menititu berakhir, kamu bisa refreshing sejenak selama 10 menit.

Akan tetapi, mungkin kawanmu lebih suka belajar denganteknik memory place. Ini adalah teknik di mana kamu bisa menghafal denganmudah, seperti ketika kamu diminta menghafalkan: Adi membawa 2 ikan, 5 apel, 4pisang, dan 2 telur. Kamu akan menghafalnya dengan cara yang lebih mudahseperti: di sebuah piring ada 2 ikan dan 2 telur, lalu di keranjang ada 5 apeldan 4 pisang.

So, setiap orang memiliki teknik belajarnyatersendiri. Kamu hanya perlu menemukan strategi belajar yang paling nyaman.Yang penting teknik belajar yang kamu pilih dapat membuatmu menghafal materi  Penilaian Akhir Tahun (PAT) dengan baik.

 

5. Ikut bimbingan belajar

Salah satu cara menghadapi PenilaianAkhir Tahun (PAT)yang banyakdilakukan oleh siswa-siswi di Indonesia adalah ikut bimbingan belajar. Di dalambimbingan belajar terdapat tutor yang akan menjelaskan tentang materi PenilaianAkhir Tahun (PAT)dan kamu jugabisa memperoleh soal-soal latihan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Bimbingan belajar dapat mengusir rasa bosan saatbelajar karena di sini kamu akan belajar bersama dengan teman-teman baru. Disamping itu, soal-soal yang diberikan dalam lembaga belajar biasanya cukupvariatif dan banyak. Kamu bisa memperoleh ilmu sekaligus teman baru ketikamengikuti bimbingan belajar sebelum ujian.

 

6. Disiplin dalam belajar

Menjelang Penilaian Akhir Tahun (PAT), kamu tidak bisa mengandalkan belajar dengansistem kebut semalam. Kamu harus mendisiplinkan diri untuk belajar setiap hari.Tentukan durasi waktu belajarmu sendiri, seperti 1-2 jam setiap hari.Belajarlah dengan durasi waktu yang sudah kamu tentukan. 

Apapun aktivitas yang kamu lakukan, tinggalkanterlebih dahulu aktivitas tersebut saat waktu belajarmu sudah tiba. Kamu bolehmenambah durasi waktu belajar, tapi jangan sesekali mengurangi durasinya agarkamu lebih disiplin.

 

7. Tinggalkan hal-hal tidak bermanfaat yang merusakkonsentrasi

Jika sehari-hari kamu terbiasa melakukan kegiatan yangkurang bermanfaat, sekarang adalah saat yang tepat untuk meninggalkan kebiasaantersebut. Kamu harus menyediakan lebih banyak waktu belajar untuk menghadapi  Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Biasanya sepulang sekolah kamu terbiasa nongkrong dulusama teman, sekarang sepulang sekolah sebaiknya langsung pulang agar kamu bisaberistirahat dan belajar. Apapun kebiasaanmu, jika tidak bermanfaat untukmenghadapi  Penilaian Akhir Tahun (PAT)maka sebaiknya hindari saja terlebih dahulu.

 

8. Refreshing tanpa kebablasan

Sibuk mencari cara menghadapi  Penilaian Akhir Tahun (PAT)? Beberapa waktuterakhir kamu memang jadi sibuk belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi  Penilaian Akhir Tahun (PAT). Namun, janganlupa untuk refreshing agar pikiranmu kembali segar dan tidak jenuh karenabelajar terus menerus.

Di akhir pekan, cobalah untuk refreshing denganmelakukan aktivitas yang kamu sukai. Namun, kamu harus konsisten bahwa kamuhanya bisa bersenang-senang pada akhir pekan atau waktu yang sudah ditentukansaja. Setelah refreshing dijamin pikiranmu akan kembali fresh untuk menerimamateri-materi pelajaran lagi.

 

9. Jaga kesehatan tubuh

Setelah menjaga kesehatan pikiran dengan melakukanrefreshing setiap beberapa waktu, kamu juga jangan lupa memperhatikan kesehatantubuh. Belajar selama berjam-jam boleh-boleh saja, tapi jangan lupa makan dantidur. Bila perlu minumlah suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kamu harus menjaga kesehatan tubuh agar saat hari H  Penilaian Akhir Tahun (PAT) tiba kamu memilikitubuh yang sehat dan prima untuk mengerjakan soal-soal ujian. Jangan sampaibelajar sampai begadang dan kurang tidur, ya! Kalau kamu sakit, semua usahayang sudah kamu lakukan untuk mempersiapkan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) tentu akan menjadisia-sia.

 

10. Berdoa dan percaya diri

Kamu sudah melakukan sejumlah usaha belajar untuk bisalulus ujian dengan nilai terbaik. Akan tetapi, semua usahamu tidak ada artinyajika kamu tidak berdoa. Jangan lupa berdoa untuk kelancaran dalam mengerjakan  Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Selain itu, kamu juga harus percaya diri dan optimissaat mengerjakan soal ujian. Jika ada soal yang sulit, kamu harus tetap tenangdan yakin akan kemampuan diri sendiri untuk mengerjakan soal tersebut.

Untuk Kamu yang mau berlatih berikut ini Kumpulan Latihan Soal PAT Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP/MTS

New Latihan Soal PSAT ASAT Kurikulum Merdeka PPKN SMP/MTS Kelas 7 (VII) -- disini--
New Latihan Soal PSAT ASAT Kurikulum Merdeka PAI SMP/MTS Kelas 7 (VII)  -- disini--
New Latihan Soal PSAT ASAT Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas 7 (VII) -- disini--
New Latihan Soal PSAT ASAT Kurikulum Merdeka Matematika SMP/MTS Kelas 7 (VII) -- disini--
New Latihan Soal PSAT ASAT Kurikulum Merdeka IPA SMP/MTS Kelas 7 (VII) -- disini--
New Latihan Soal PSAT ASAT Kurikulum Merdeka IPS SMP/MTS Kelas 7 (VII) -- disini--
New Latihan Soal PSAT ASAT Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas 7 (VII) -- disini--
New Latihan Soal PSAT ASAT Kurikulum Merdeka PJOK - Penjas SMP/MTS Kelas 7 (VII) -- disini--
New Latihan Soal PSAT ASAT Kurikulum Merdeka Prakarya SMP/MTS Kelas 7 (VII) -- disini--
New Latihan Soal PSAT ASAT Kurikulum Merdeka Seni Budaya SMP/MTS Kelas 7 (VII) -- disini

 

Demikian info tentang Latihan Soal PAT Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP MTS Tahun 2024 - 2025. Semoga ada manfaatnya,terima kasih, 

= Baca Juga =

No comments