Misteri Dan Karomah Batu Quran Pandeglang

Misteri dan KaromahBatu Quran Pandeglang
Misteri dan Karomah Batu Quran Pandeglang
 
 
Misteri dan KaromahBatu Quran Pandeglang. Berdasarkan cerita rakyat, awal mula munculnya pemandian Batu Quran yang terletakdi kaki Gunung Karang, tepatnya di Desa Kadubumbang, Kecamatan Cimanuk,Kabupaten Pandeglang berkaitan erat dengan Syekh Maulana Mansyur, ulama Bantenyang terkenal di abad ke 15.
 
 
Dalam cerita rakyat tersebut dikisahkan bahwa lokasi di mana Batu Quran ini dahulu diyakini adalah pijakan kaki Syekh MaulanaMansyur ketika hendak pergi berhaji ke tanah suci, Mekkah. Dengan membacabasmalah sampailah beliau ke tanah suci, Mekkah. Ketika Syekh Maulana Mansyurpulang dari Mekkah, dia muncul bersama dengan air dari tanah yang tidakberhenti mengucur. Banyak orang menyakini bahwa air yang mengucur tersebut adalah air zam zam.
 
 
SyekhMaulana Mansyur kemudian bermunajat kepada Allah dengan salat dua rakaat didekat keluarnya air tersebut. Selesai salat Syekh Maulana Mansyur kemudianmendapat petunjuk untuk menutup air tersebut dengan Alquran. Atas izin Allahair tersebut berhenti mengucur dan Alquran tersebut berubah menjadi batusehingga dinamakan Batu Quran.
 
 
SyekhMaulana Mansyur bagi sebagian warga Banten memang dikenal sebagai salah seorangulama pemberani, cerdas, piawai dalam memainkan alat-alat kesenian bernafaskanIslam. Di masa kejayaan Sultan Hasanudin, Syekh Maulana Mansyur atau jugadikenal sebagai Ki Mansyur yang juga cakap dalam ilmu pertanian sertakomunikasi. Sehingga dia diserahi tugas untuk menjaga kawasan Islam BantenSelatan dan berdomisili di Cikaduen. Selain itu, bagi yang bisa menyelam danberenang sambil mengitari Batu Quran sebanyak tujuh kali, diyakinipermintaannya akan terkabul baik itu jodoh maupun rejeki. Wallahualam Bishawab.
 
 
 
Selainitu ada versi yang menyatakan bahwa Batu Quran adalah adalah replika dari BatuQuran yang ada di Sang Hyang Sirah, Taman Nasional Ujung Kulon yang berkaitanerat dengan sejarah Sayyidina Ali, Prabu Kian Santang dan Prabu Munding Wangi.
 
 
Dikisahkanbahwa Prabu Kian Santang belajar agama Islam di tanah suci, Mekkah padaSayyidina Ali bin Abi Thalib. Setibanya kembali di tanah Pasundan, Prabu KianSantang kemudian ke Gunung Suci, Garut, Jawa Barat dan dikenal dengan sebutanSunan Rahmat Suci. Namun untuk lebih mengetahui ajaran Islam mengenai khitanmaka Prabu Kian Santang menyuruh utusannya untuk belajar kepada Sayyidina Alibin Abi Thalib di jazirah Arab.
 
 
DiceritakanSayyidina Ali bin Abi Thalib kemudian pergi ke nusantara (Pasundan) untukmenyerahkan kitab suci Alquran kepada Prabu Kian Santang tetapi Kian Santangtelah meninggalkan tempat tersebut dan pergi menemui Prabu Munding Wangi yangtelah tilem di Sanghyang Sirah, Ujung Kulon.
 
 
SelanjutnyaSayyidina Ali mohon diri tapi sebelumnya salat terlebih dahulu di atas batukarang yang sekarang sering disebut Masjid Syaidinna Ali. Konon dengan kuasaAllah SWT, Sayyidina Ali langsung menghilang entah kemana. Mungkin kembali kejazirah Arab.
 
 
PeristiwaBatu Quran ini beberapa abad kemudian diketahui oleh Syekh Maulana Mansyurberdasarkan ilham yang didapatnya dari hasil tirakat.
 
 
SegeralahSyekh Maulana Mansyur berangkat ke Sanghyang Sirah. Betapa kagumnya SyekhMaulana Mansyur melihat kebesaran Allah lewat mukjizat Batu Quran dimana dariair kolam yang bening terlihat dengan jelas tulisan batu karang yang menyerupaitulisan Alquran.
 
 
Karenajauhnya jarak Sanghyang Sirah dan membutuhkan waktu dan energi yang luar biasamaka untuk memudahkan anak cucu ataupun umat Islam yang ingin melihat BatuQuran maka dibuatlah replika Batu Quran dengan lengkap sumur tujuhnya diCibulakan Kabupaten Pandeglang.
 
 
Saatini air kolam di lokasi pemandian Batu Quran banyak dipercaya dapatmenyembuhkan berbagai penyakit. Konon dengan cara melakukan ritual mandi diBatu Quran seseorang diyakini tetap awet muda dan memiliki pancaran aura yangmempesona. Selain itu, bagi yang bisa menyelam dan berenang sambil mengitariBatu Quran sebanyak tujuh kali, diyakini permintaannya akan terkabul baik itujodoh maupun rejeki. 
 
Demikian cerita singkat tentang Misteri Dan Karomah Batu Quran Pandeglang, semoga menambah wawasan. WallahualamBishawab

= Baca Juga =


No comments