Juknis Beasiswa S2 Guru Madrasah Tahun 2023-2024

Juknis Beasiswa S2 Guru Madrasah Tahun 2023-2024


Juknis Beasiswa S2 Guru Madrasah Tahun 2023-2024 dapat ditemukan dalam Pedoman Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Program Beasiswa Gelar Tahun 2023. Hal ini karena Beasiswa S2 Guru Madrasah Tahun 2023-2024 merupakan salah satu program yang ada dalam Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Program Beasiswa Gelar Tahun 2023


Untuk memahami Petunjuk Teknis atau Juknis Beasiswa S1 dan S2 Guru Madrasah Tahun 2023-2024, silahkan Ada baca Pedoman Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Program Beasiswa Gelar Tahun 2023/2024. Pedoman ini disusun untuk memberikan gambaran umum sekaligus sebagai pedoman bagi para pemangku kepentingan dan sasaran penerima manfaat program dalam penyelenggaraan Program Beasiswa Gelar Tahun 2023. Rincian Program Gelar yang ada di Pedoman ini merupakan Rincian Program Tahun 2023 berdasarkan Perjanjian Kerja Sama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama. Pedoman Pendaftaran ini akan terus dimutakhirkan berdasarkan program-program yang ditetapkan oleh kedua belah pihak antara LPDP dan Kementerian Agama.


Dinyatakan dalam Juknis atau Pedoman Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Program Beasiswa Gelar Tahun 2023 termasuk di dalamnya Juknis Beasiswa S2 Guru Madrasah Tahun 2023-2024, bahwa Secara umum Program Kolaborasi Beasiswa Indonesia Bangkit Tahun 2023 ini bertujuan untuk mendanai 4 (empat) komponen program, yaitu: a) Beasiswa Gelar dan Non Gelar; b) Peningkatan Kompetensi Gelar dan Non Gelar; c) Pendanaan Riset; dan d) Pendidikan Keagamaan dan Pendidikan Pesantren.

 

Juknis atau Pedoman Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Program Beasiswa Gelar Tahun 2023 ini merupakan pedoman implementasi Program Beasiswa Gelar BIB Tahun 2023 yang memuat ketentuan, persyaratan, dan mekanisme pendaftaran beasiswa gelar yang meliputi: (1) Beasiswa Umum, (2) Beasiswa Prestasi, dan (3) Beasiswa Target.

 

Beasiswa Gelar merupakan program beasiswa pendidikan untuk mendapatkan gelar akademik pada strata S1 (Sarjana), S2 (Magister), dan S3 (Doktor) pada perguruan tinggi di dalam negeri atau di luar negeri. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh (full scholarship) bagi pendaftar yang telah dinyatakan lulus seleksi dan memenuhi persyaratan keberangkatan untuk menempuh pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3 di dalam atau luar negeri pada perguruan tinggi tujuan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Dalam program ini, penerima beasiswa melaksanakan studi secara penuh, kecuali program khusus sesuai dengan ketetapan dan ketentuan yang berlaku. Adapun durasi studi beasiswa gelar adalah sebagai berikut:

a. Beasiswa S1 paling lama adalah 4 tahun (48 bulan);

b. Beasiswa S2 paling lama adalah 2 tahun (24 bulan); dan

c. Beasiswa S3 paling lama adalah 4 tahun (48 bulan).


Dijelaskan dalam bahwa Pedoman Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Program Beasiswa Gelar Tahun 2023 termasuk di dalamnya terdapat Juknis Beasiswa S2 Guru Madrasah Tahun 2023-2024, Sasaran Penerima Beasiswa adalah sbb:

1. Beasiswa Umum

  • Beasiswa Umum S1 Dalam Negeri sasarannya adalah Lulusan Satuan Pendidikan Menengah di bawahbinaan Kemenag; Lulusan SMA/SMK di bawah binaan Pondok Pesantren; Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Menengah di bawah binaan Kemenag; Lulusan SMA/SMK/sederajat.
  • Beasiswa Umum S2 Dalam Negeri diperuntukkan bagi Lulusan  S1 Prodi Agama PTK, Lulusan S1 Prodi Umum PTK, Lulusan FAI dari PTU, Lulusan PBSB, Guru Madrasah, Guru Pendidikan Agama pada Sekolah, Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan di bawah binaan Kemenag , Penyuluh Agama, Pegawai Kementerian Agama, Lulusan S1 PTU  Prodi Umum PTK Kemenag
  • Beasiswa Umum S2 Luar Negeri sasarannya adalah Lulusan S1 PTK; Lulusan S1 FAI dari PTU; Lulusan PBSB; Guru Madrasah; Pengawas Pendidikan Agama; Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan di bawah binaan Kemenag; Pegawai Kementerian Agama; Guru Mapel Non-Agama Binaan Kemenag; Pengawas Madrasah; Guru Pendidikan Agama pada Sekolah
  • Beasiswa Umum S3 Dalam Negeri sasarannya adalah Dosen PTK, Dosen Pendidikan Agama pada PTU, Pegawai Kementerian Agama
  • Beasiswa Umum S3 Luar Negeri sasarannya adalah Dosen PTK, Dosen Pendidikan Agama pada PTU, Pegawai Kementerian Agama

 

2. Beasiswa Prestasi

  • Beasiswa Prestasi S1 Dalam Negeri sasarannya adalah Juara 1,2,3 Olimpiade Sains Internasional, MTQ atau sejenis ; Juara 1,2,3 OSN, KSM, MTQ dan Ajang Kompetisi sejenis di Tingkat Nasional; Finalis Nasional pada OSN dan KSM; Juara 1, 2, 3 Utsawa Dharma Gita dan Jambore Pasraman; Juara 1,2,3 Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional; Lulus SPAN PTKIN
  • Beasiswa Prestasi S1 Luar Negeri sasarannya adalah Juara 1,2,3; Olimpiade Sains Internasional, MTQ atau sejenis; Juara 1,2,3 OSN, KSM, MTQ dan Ajang Kompetisi sejenis di Tingkat Nasional; Finalis Nasional pada OSN dan KSM; Juara 1,2, 3 Utsawa Dharma Gita dan Jambore Pasraman; Juara 1,2,3 Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional; Alumni MAN IC (MA Unggul).
  • Beasiswa Double Degree S2 Luar Negeri sasarannya aalah Lulusan S1 PTK; Lulusan S1 PAI dari PTU, Lulusan PBSB

 

3. Beasiswa Target

  • Beasiswa Tahfidz S1 Dalam Negeri sasarannya adalah Penghafal Al-Quran minimal 10 Juz.
  • Beasiswa S1 PJJ-PAI sasarannya adalah Guru PAI Sekolah di Sekolah Umum dan Ustadz Pesantren

Selengkapnya silahkan download dan baca Juknis atau Pedoman Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Program Beasiswa Gelar Tahun 2023 termasuk di dalamnya Juknis Beasiswa S2 Guru Madrasah Tahun 2023-2024 untuk mengetahui persyaratan, tata cara pendaftaran dan jadwal Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Program Beasiswa Gelar Tahun 2023. LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Juknis atau Pedoman Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Program Beasiswa Gelar Tahun 2023-2024 dan Juknis Beasiswa S2 Guru Madrasah Tahun 2023-2024 beserta Persyaratan, Tata Cara Pendaftaran dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Program Beasiswa Gelar Tahun 2023/2024. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


8 comments:

  1. Monggo berbondong2 ikut daftar buat bp/ibu gr mts/MA.

    ReplyDelete
  2. Ijazahnya gak relevan dengan keinginan bisa gak yah?

    ReplyDelete
  3. ya,...diknas kita ma yach. bukan depag ngajarnya lagian dah tua hahha

    ReplyDelete
  4. Untuk guru madrasah silahan guna kesempatan emas ini untuk mendaftar calon penerima beasiswa S2 dan S3

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.