KOMUNITAS GURU PPKN

Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI

Saturday, 12 March 2022

LATIHAN SOAL PRETEST PPG GURU TAHUN 2022

| Saturday, 12 March 2022
Latihan Soal Pretest PPG Guru Tahun 2022


Latihan Soal Pretest PPG Guru Tahun 2022. Sebagaimana diketahui pada tahun 2005 Pemerintah mengesahkan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD), di mana dalam pasal 1 UUGD dinyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

 

Berdasarkan UU No. 14 Tahun 2005, di samping guru harus berkualitas S1, guru harus memiliki sertifikat profesi pendidik yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Berkaitan dengan hal tersebut, PP No. 74 pasal 2 tahun 2008 tentang Guru menyatakan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

 

Oleh karena itu, dalam rangka menjalankan amanah, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan Pendidikan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan program PPG untuk mempersiapkan lulusan Kependidikan dan Non Kependidikan yang memiliki minat dan bakat menjadi guru, agar menguasai 4 kompetensi guru secara utuh dan sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik professional.

 

Sehubungan dengan pelaksanaan program PPG, Kemenristekdikti pada bulan 2020 telah menerbitkan Permendikbud No. 38 Tahun 2020 tentang Tata Cara Memperoleh Sertifikat Pendidik bagi Guru dalam Jabatan, di mana dalam pasal 1 disebutkan bahwa PPG didefinisikan sebagai program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah.

 

Secara unum terdapat 2 jenis Program PPG berdasarkan kelompok sasaran, yaitu: 1) PPG Pra Jabatan adalah program pendidikan yang dikhususkan untuk lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan serta lulusan SM-3T (Sarjana Mendidik Di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal); 2) PPG Dalam Jabatan adalah program pendidikan yang dikhususkan untuk guru PNS dan bukan PNS dengan persyaratan tertentu yang sudah mengajar pada satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat penyelenggara pendidikan yang sudah mempunyai perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama.

 

PPG juga dirancang secara sistematis dengan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses belajar dan penilaian, hingga uji kompetensi. Saat ini, Pendidikan Profesi Guru (PPG) diselenggarakan dalam bentuk PPG Bersubsidi dan untuk selanjutnya akan diterapkan PPG Swadana dengan biaya pribadi.

 

Latihan Soal Pretest PPG Guru dalam Jabatan Tahun 2022. Jadi PPG dalam jabatan (daljab) adalah program pendidikan yang dikhususkan untuk guru PNS dan bukan PNS dengan persyaratan tertentu yang sudah mengajar pada satuan pendidikan. Untuk dapat mengikuti PPG ini guru harus seleksi akademik yang dikenal dengan istilah Pretest PPG.

 

Pada kesempatan ini admin akan berbagi link Latihan Soal Pretest PPG Guru dalam Jabatan (Daljab) Tahun 2022. Kumpulan soal ini sebagai bahan latihan dan sarana untuk meningkatkan wawasan guru yang akan mengikuti seleksi Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2022. Untuk dapat lulus pretest PPG guru memamang membutuhkan persiapan yang mungkin menyita waktu cukup lama. Dengan persiapan matang itulah, kesuksesan akan terbuka lebar. Ada pepatah yang mengisyaratkan tentang pentingnya persiapan yakni, hasil tidak akan mengkhianati proses. Itulah mengapa, jangan pernah melalaikan persiapan dan bingkailah dengan baik.

 

Berikut ini berberapa link Latihan Soal Pretest PPG (Pendidikan Profesi Guru) tahun 2022

 

Latihan Soal Pretest PPG Guru Tahun 2022 materi Tes Pedagogik (disini)

Latihan Soal Pretest PPG Guru Tahun 2022 materi Tes Potensi Akademik (disini)

Latihan Soal Pretest PPG Guru Tahun 2022 materi Kompetensi Profesional Guru IPA SMP MTS (Disini)

Latihan Soal Pretest PPG Guru Tahun 2022 materi Kompetensi Profesional Matematika SMP / MTS (DISINI)

Latihan Soal Pretest PPG Guru Tahun 2022 materi Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia SMP / MTS (DISINI)

Latihan Soal Pretest PPG Tahun 2022 materi Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMP / MTS (DISINI)

Latihan Soal Pretest PPG Tahun 2022 materi Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMA / SMK (DISINI)

Latihan Soal Pretest PPG Tahun 2022 materi Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia SMA / SMK (DISINI)

Latihan Soal Pretest PPG Tahun 2022 materi Kompetensi Profesional Guru Matematika SMA / SMK (DISINI)

Latihan Soal Pretest PPG Tahun 2022 materi Kompetensi Profesional Guru Seni Budaya SMP / SMA (DISINI)

Latihan Soal Pretest PPG Tahun 2022 materi Kompetensi Profesional Guru Penjas Orkes SMP SMA (DISINI)

Latihan Soal Pretest PPG Tahun 2022 materi Kompetensi Profesional Guru IPS SMP / SMA (DISINI)

Latihan Soal Pretest PPG Tahun 2022 materi Kompetensi Profesional Guru PPKn SMP / SMA (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Pretest PPG (Pendidikan Profesi Guru) tahun 2022. Ingat seperti kata pepatah Kita tak kan pernah tahu jika tak pernah mencobanya, tetapi mencoba pun harus dengan persiapan yang matang. Kadang kita gagal bukan karena tidak memiliki potensi, tetapi karena kurangnya persiapan. Ingat persiapan yang matang adalah satu langkah menuju kesuksesan. Tidak ada rahasia untuk sukses. Sukses adalah hasil dari persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan. Semoga sukses.



= Baca Juga =



Related Posts

2 comments: