Breaking

Sunday, June 19, 2022

JADWAL PERSYARATAN PENDAFTARAN BEASISWA PPA BAGI MAHASISWA PTKI TAHUN ANGGARAN 2022

Jadwal Persyaratan Pendaftaran Beasiswa PPA bagi Mahasiswa PTKI Tahun Anggaran 2022 Tahun Akademik 2022-2023



Jadwal Persyaratan Pendaftaran Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi dan Akademik) Mahasiswa PTKI Tahun Anggaran 2022, Pendidikan tinggi berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dan kepribadian serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Sebagai bagian dari sistem pendidikan tinggi, Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) ditujukan untuk: Pertama, mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian unggul, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab, memiliki wawasan kebangsaan, menghargai pluralisme dan hak-hak asasi manusia, peduli pada pelestarian lingkungan, berintegritas, taat kepada hukum, sikap antikorupsi dan tidak tercerabut dari akar budaya Indonesia; Kedua, membentuk manusia yangmenguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni (IPTEKS), dan berkualitas secara spiritual, emosional, intelektual, dan fisik, serta memiliki profesionalisme dan kemampuan kepemimpinan, serta jiwa kewirausahaan, untuk mendukung peningkatan daya saing bangsa.

 

Pendidikan tinggi khususnya PTKI diarahkan agar mampu menghasilkan lulusan yang Islamidan unggul dalam mengintegrasikan keilmuan dengan nilai keislaman. Untuk mewujudkan tujuan ini Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah membuat program-program yang dapat mendorong mahasiswa lebih berprestasi.Berprestasi tidak selalu di bidang akademik saja namun juga non akademik.Dengan memotivasi mahasiswa untuk berprestasi merupakan suatu usaha menumbuhkembangkan jiwa sportif dan jiwa berdaya saing tinggi di dunia global.

 

Mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas untuk mengembangkan soft skills-nya agar menjadi lulusan yangberakhlakul karimah,cerdas, dan berdaya saing.Untuk menjawab tuntutan global memasuki era persaingan bebas membutuhkan lulusan yang memiliki hard skills dan soft skills yang seimbang. Karenanya disetiap PTKI perlu diidentifikasi mahasiswa yang dapat melakukan keduanya dan yang terbaik perlu diberi enghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi.

 

Mahasiswa unggul dan berprestasi perlu diciptakan, dicari dan difasilitasi, bukan dibiarkan seperti pemain alam. Berkembang tanpa melalui affirmasi program, manajemen mutu kelembagaan dan langkah-langkah strategis pengembangan prestasi lainnya.

 

Disadari prestasi akademik mahasiswa PTKI tersebar luas, berbagai jenis dan jenjang. Dari tingkat kampus, regional, nasional hingga ke pentas internasional. Sungguh membanggakan tidak saja bagi kalangan PTKI namun juga Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Agama. Perlu kemauan keras pemegang kebijakan untuk memberikan fasilitasi dan penghargaan agar prestasi akademik mahasiswa dapat berkembang dengan baik. Kata kuncinya adalah menjadikan para mahasiswa PTKI mampu bersaing dengan mahasiswa Indonesia lainnya.

 

Dari dasar pemikiran tersebut di atas, Kementerian Agama RI melalui Ditjen Pendidikan Islam bermaksud menyelenggarakan Beasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik. Beasiswa tersebut akan diberikan kepada mahasiswa PTKI yang meraih juara dalam berbagai kompetisi dan mahasiswa yang memiliki indeks prestasi akademik yang baik.

 

Persyaratan Pendaftaran Penerima Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi dan Akademik) Mahasiswa PTKI Tahun Anggaran 2022 tahun akademik 2022-2023 adalah sebagai berikut

a. Warga Negara Indonesia. Pastikan KTP/KK sudah online di Dinas Kependudukan dan catatan sipil setempat.

b. Mahasiswa aktif Strata 1 (S1) minimal semester 3 (tiga) dan maksimal semester 7 (tujuh) dan memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih aktif.

c. Memiliki Minimal salah satu Prestasi di bawah ini:

1) Menjuarai event pertandingan tingkat Propinsi, Nasional dan Internasional pada saat aktif kuliah dibuktikan dengan Foto copy sertifikat/penghargaan;

2) Memiliki IP terakhir minimal 3,5.

d. Mengisi dan menandatangani pakta integritas;

e. Surat Keterangan dari Rektor/Ketua/Dekan PTKI yang menyatakan mahasiswa tersebut tidak sedang menerima bantuan yang bersumber dari APBN maupun APBD pada tahun berjalan (2022);

 

Jadwal Pendaftaran Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi dan Akademik) Mahasiswa PTKI Tahun Anggaran 2022, adalah sebagai berikut

1. Pendaftaran Beasiswa Peningkatan Prestasi Dan Akademik oleh mahasiswa tanggal 6-30 Juni 2022

2. Seleksi Beasiswa Peningkatan Prestasi Dan Akademik oleh PTKIS tanggal 15-30 Juni 2022

3. Rekomendasi Usulan PTKIS oleh Kopertais tanggal 15 Juni-8 Juli 2022

4. Seleksi dan verifikasi berkas usulan calon penerima beasiswa dari PTKI tanggal 11-22 Juli 2022

5. Penetapan Penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Dan Akademik tanggal 1-29 Juli 2022

6. Pembuatan rekening penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Dan Akademik tanggal 1 – 19 Agustus 2022

7. Proses pencairan Beasiswa Peningkatan Prestasi Dan Akademik tanggal 22 – 31 Agustus 2022

8. Proses penyaluran Beasiswa Peningkatan Prestasi Dan Akademik tanggal 5-16 September 2022

 

Adapun Petunjuk Teknis atau Juknis Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi dan Akademik) Mahasiswa PTKI Tahun Anggaran 2022 ditetapkan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kepdirjenpendis Nomor 6737 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Beasiswa Peningkatan Prestasi Dan Akademik Tahun Anggaran 2022.

 

Selengkapnya silahkan download Jadwal Persyaratan dan Juknis Pendaftaran Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi dan Akademik) Mahasiswa PTKI Tahun Anggaran 2022, melalui link yang tersedia di bawah ini. LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Jadwal Persyaratan Pendaftaran Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi dan Akademik) Mahasiswa PTKI Tahun Anggaran 2022 tahun akademik 2022-2023. Semoga ada manfaatnya, terima kasih



No comments:

Post a Comment