Breaking

Saturday, March 16, 2024

Latihan Soal US PSSP ASAJ SD Tahun 2024

Latihan Soal US PSSP ASAJ SD Tahun 2024


Latihan Soal Penilaian Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (PSSP) SD Tahun 2024 atau disebut juga Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan, Asemen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ). Asesmen adalah proses pengumpulan data/informasi yang digunakan untuk mengukur ketercapaian suatu tujuan. Pengertian menurut Slavin (2011:262) menyatakan Asesmen adalah suatu pengukuran sejauh mana siswa telah mempelajari tujuan yang ditetapkan bagi mereka. Sedangkan menurut Iryanti (2004:3) menjelaskan Asesmen adalah suatu kegiatan pengukuran, kuantitatif, penetapan mutu pengetahuan siswa secara menyeluruh, dan terintegrasi dalam proses pembelajaran, serta menggunakan beragam bentuk. Pengertian Asesmen lainnya menurut Uno dan Koni (2012:2) Asesmen sebagai salah satu bentuk Asesmen dan komponen dalam evaluasi. Asesmen tidak dapat dipisahkan dari tindakan pengukuran yang bersifat kuantitatif dan Asesmen yang bersifat kualitatif.

 

Asesmen merupakan suatu pertimbangan profesional atau suatu proses yang memungkinkan seseorang untuk membuat suatu pertimbangan mengenai nilai sesuatu. Secara sistematis Gronlund (Nasoetion, 1993:5) hasil Asesmen merupakan perpaduan antara temuan kuantitatif dengan pertimbangan yang dibuat penilai atau hasil Asesmen merupakan perpaduan antara temuan kualitatif dengan pertimbangan yang dibuat penilai. Asesmen adalah suatu proses sistematis yang mengandung pengumpulan informasi, menganalisis, dan menginterpretasi informasi tersebut untuk membuat keputusan-keputusan. Asesmen merupakan bagian integral dalam keseluruhan proses belajar mengajar. Asesmen harus dipandang sebagai salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses dan hasil pembelajaran, bukan hanya sebagai cara untuk menilai keberhasilan peserta didik (Kunandar, 2007: 379-380).

 

Hart seperti dikutip Muslich (2011:2) menyatakan, assesmen didefinisikan sebagai proses pengumpulan, pelaporan dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui pengukuran untuk menganalisis atau menjelaskan unjuk kerja/kinerja atau prestasi peserta didik dalam mengerjakan tugas-tugas terkait. Proses asesmen mencakup sejumlah bukti-bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar peserta didik. Assesmen ini dilaksanakan secara terpadu dengan kegiatan pembelajaran sehingga disebut Asesmen berbasis kelas (PBK). PBK dilakukan dengan berbagai cara seperti pengumpulan kerja peserta didik (portofolio), hasil karya (product), penugasan (project), kinerja (performance) dan tes tertulis (paper dan pencil). Jadi menurut Masnur Muslich Asesmen adalah suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu. Asesmen juga diartikan sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran.

 

Dalam pembelajaran, Asesmen adalah cara yang digunakan oleh pendidik dalam mengukur kemampuan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang digunakan. Asesmen hasil belajar peserta didik dikelompokkan menjadi tiga ranah, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketiga ranah ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain secara eksplisit. Apapun mata pelajarannya selalu mengandung ketiga ranah itu, namun penekanannya berbeda. Mata pelajaran yang menuntut teori lebih minitik beratkan pada ranah kognitif sedangkan mata pelajaran yang menuntut kemampuan praktik lebih menitik beratkan pada ranah psikomotorik, dan keduanya selalu mengandung ranah afektif (Sudrajat, 2008: 2).

 

Kunandar (2007: 383) menjelaskan bahwa dalam Asesmen ada emat unsur pokok, yaitu (1) objek yang dinilai; (2) kriteria sebagai tolak ukur; (3) data tentang objek yang dinilai; dan (4) pertimbangan keputusan (judgement). Dengan demikian proses Asesmen meliputi menentukan objek yang akan dinilai, membuat atau menentukan kriteria ukuran, mengumpulkan data, baik melalui tes maupun nontes dan membuat keputusan.

 

Sehingga dapat didefinisikan Asesmen sebagai komponen dalam evaluasi yang digunakan untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun yang bersifat kualitatif sebagai dasar pengambilan keputusan tentang tingkatan pengetahuan siswa secara menyeluruh. Secara sederhana Asesmen (assessment) dapat pula diartikan sebagai proses pengukuran untuk memperoleh data karakteristik peserta didik dengan aturan tertentu.

 

Tujuan dan Fungsi Asesmen Sumatif. Tujuan Asesmen adalah untuk pengumpulan informasi dan tolak ukur keberhasilan seseorang dalam mengambil keputusan, lulus tidaknya seseorang berdasarkan acuan kriteria dan indikator yang ingin dicapai. Adapun tujuan Asesmen Sumatif SD sebagai berikut: a) Asesmen sebagai selektif, Asesmen bertujuan untuk memilih siswa yang dapat diterima di sekolah tertentu, siswa yang dapat naik ke kelas atau tingkat berikutnya, siswa yang seharusnya mendapatkan beasiswa, dan untuk memilih siswa yang sudah berhak meninggalkan sekolah dan sebagainya; b) Asesmen sebagai diagnostik, Asesmen bertujuan untuk menganalisa kebaikan dan kelemahan siswa. Sehingga dengan diketahuinya sebab-sebab kelemahannya akan lebih mudah dicari solusi untuk mengatasi; c) Asesmen sebagai penempatan, Asesmen bertujuan untuk mempertimbangkan penempatan siswa yang mempunyai hasil Asesmen yang sama akan berada dalam kelompok yang sama dalam belajar; d) Asesmen sebagai pengukur keberhasilan, Asesmen bertujuan untuk mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan (Arikunto, 2008:10-11).

 

Pendapat lain oleh Uno dan Koni (2012:4-6) menjelaskan secara rinci tujuan dan fungsi dari Asesmen. Tujuan Asesmen adalah untuk mengetahui seberapa jauh siswa dapat mencapai tingkat kompetensi yang dipersyaratkan, dapat langsung memberikan umpan balik kepada peserta didik, selanjutnya umpan balik tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang digunakan sesuai dengan kebutuhan materi dan kebutuhan siswa, tujuan lain dari Asesmen juga untuk melakukan pemantauan kemajuan belajar yang dialami peserta didik dan memberikan informasi kepada orang tua maupun komite sekolah tentang efektifitas pendidikan.

 

Fungsi dari Asesmen yaitu untuk pencapaian standar kompetensi, sebagai landasan membantu peserta didik memahami dirinya, dan membuat keputusan tentang langkah berikutnya, baik untuk pemilihan program, pengembangan kurikulum, pengembangan kepribadian maupun untuk penjurusan. Fungsi selanjutnya Asesmen dapat berguna untuk menemukan kesulitan belajar siswa dan kemungkinan prestasi yang bisa dikembangkan, untuk menemukan kelemahan proses pembelajaran yang dilakukan, serta Asesmen dapat berfungsi sebagai kontrol bagi guru sebagai pendidik tentang gambaran kemajuan perkembangan proses dan hasil belajar.

 

Ada dua pendekatan yang dapat digunakan dalam melakukan Asesmen hasil belajar, yaitu Asesmen acuan norma (norm-referenced assessment) dan Asesmen acuan kriteria (criterion referenced assessment). Perbedaan kedua pendekatan merujuk pada cara nilai siswa ditafsirkan. Asesmen yang mengacu kepada norma, terfokus pada perbandingan nilai siswa dengan nilai siswa lain. Oleh karena itu, hasil seluruh peserta didik digunakan sebagai acuan. Sedangkan Asesmen yang mengacu kepada kriteria atau patokan, terfokus pada Asesmen penguasaan siswa atas kemampuan spesifik tanpa peduli bagaimana siswa lain berkinerja dalam bidang kemampuan yang sama. Biasanya Asesmen acuan kriteria ini digunakan sebagai Asesmen formatif siswa supaya guru mengetahui kesulitan yang dihadapi siswanya dan untuk Asesmen sumatif dapat bersifat acuan kriteria maupun acuan norma (Slavin, 2011:271-272 ).

 

Prinsip Asesmen secara umum yang dapat digunakan pada semua model pembelajaran ada empat yaitu, menekankan Asesmen terhadap efek pengiring (kemampuan kerja sama, tenggang rasa, dan keutuhan persepsi). Memiliki prinsip integral dan komprehensif, yakni Asesmen yang dilakukan secara utuh dan menyeluruh terhadap semua aspek pembelajaran baik pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Prinsip berikutnya adalah kesinambungan, yakni Asesmen dilakukan secara berencana, terus-menerus dan bertahap untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan tingkah laku siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar. Prinsip terakhir adalah objektif, yakni Asesmen dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang baik dan dilaksanakan secara objektif untuk menggambarkan kemampuan yang diukur (Rusman, 2011:276).

 

Apa Fungsi Asesmen? Kunandar (2007:391) menyatakan bahwa Asesmen mempunyai fungsi sebagai berikut: a) Formatif, yaitu merupakan umpan balik bagi guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan mengadakan program remedial bagi siswa yang belum menguasai sepenuhnya materi yang dipelajari; b) Sumatif, yaitu dapat mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, menentukan angka nilai sebagai bahan keputusan kenaikan kelas dan laporan perkembangan belajar siswa, serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa; c) Diagnostik, yaitu dapat mengetahui latar belakang siswa (psikologis, fisik, dan lingkungan) yang mengalami kesulitan belajar; d) Seleksi dan penempatan, yaitu hasil penelitian dapat dijadikan dasar untuk menyeleksi dan menempatkan siswa sesuai dengan minat dan kemampuannya.

 

Dalam pelaksanaan Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan, Asemen/Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) jenjang SD SMP maupun SMA membutuhkan instrumen asesmen. Menurut Sapriati (2006:3) dalam pengembangan modulnya menyatakan instrumen Asesmen hasil belajar adalah alat (ukur) yang digunakan dalam rangka kegiatan mengumpulkan dan mengolah informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.

 

Intrumen atau Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan SD SMP SMA Tahun 2024 harus memenuhi persyaratan atau kriteria sebagai berikut: a) Memiliki validitas, artinya Asesmen harus benar-benar mengukur apa yang hendak diukur; b) Mempunyai reliabilitas, suatu alat memiliki reliabilitas bila menunjukkan ketepatan hasilnya. Artinya orang yang akan dites itu akan mendapatkan skor yang sama bila dites kembali dengan alat uji yang sama; c) Objektivitas, suatu alat evaluasi harus benar-benar mengukur apa yang hendak diukur, tanpa adanya interpretasi yang tidak ada hubungannya dengan alat evaluasi itu; d) Efisiensi, suatu alat evaluasi sedapat mungkin dipergunakan tanpa membuang waktu dan uang yang banyak; e) Kegunaan/kepraktisan, artinya alat evaluasi tersebut usefuless (harus berguna) untuk memperoleh keterangan tentang siswa sehingga guru dapat memberikan bimbingan yang sebaik-baiknya bagi para mahasiswanya.

 

Untuk contoh Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan SD Tahun 2024, berikut ini link download Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan SD Tahun 2024 atau Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan SD Tahun 2024.


Berikut ini link latihan Soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI tahun 2024 

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI matematika tahun 2024 (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI IPA tahun 2024 (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI Bahasa Indonesia tahun 2024 (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI SBK tahun 2024 (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI Penjaskes – PJOK tahun 2024 (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI Bahasa Indonesia tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI IPA tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI Matematika tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI Bahasa Indonesia tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI IPA tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI Matematika tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI IPS tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI PAI tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI PPKn – Pendidikan Pancasila tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI Matematika tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI Matematika tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI IPA tahun 2024 (2023/2024) (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI Bahasa Indonesia tahun 2024 (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI Matematika tahun 2024 (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI IPA tahun 2024 (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI Bahasa Indonesia tahun 2024 (disini)

asesmen soal dan jawaban latihan us matematika sd tahun 2024 (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI IPA tahun 2024 (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI mulok Bahasa inggris 2024 (disini)

Latihan soal US ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD MI mulok Bahasa Sunda 2024 (disini)

  

Demikian informasi tentang Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan SD Tahun 2024, berikut ini link download Soal Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan SD Tahun 2024 atau Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan SD Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =


No comments:

Post a Comment